Belajar mobil matic

Kursus mobil maticbelajar nyetir mobil matik yuk biar gak kagok… Seperti biasa, jangan lupa pasang seat belt, ingat safety first !!! starterlah mobil anda. Lah koq gak mau nyala ??? kenapa nih ??? gak usah bingung, coba dicek tuasnya, apakah dalam posisi N ato P ??? jika tidak, pindahkan tuas ke posisi N ato P. Hal ini semata karena faktor keselamatan. Mobil matik tidak akan bisa distarter jika tuasnya tidak dalam posisi yang benar. Di beberapa mobil transmisi manual juga ada, kalo pedal kopling tidak diinjak mesin gak mau nyala. Kalo posisi tuasnya udah sesuai sambil injek pedal rem pindahkan tuas. Mobil pun meluncur bahkan tanpa perlu injak gas sekalipun.

Jalanan Mendatar

Gunakan tuas pada posisi D / 3. Selain pas digunakan untuk jalan mendatar, posisi ini juga cocok dipake untuk jalanan perkotaan, keluar kota ato jalan tol.
Jalanan Naik

Jika pada posisi D /3 mobil agak susah menanjak, pindahkan tuas dari D/3 ke 2.
Kalo pada posisi 2 mobil sulit naik karena curamnya tanjakan, pindahkan posisi 2 ke L.
Jalanan Turun

Jika pada posisi D / 3 mobil sepertinya meluncur dengan cepat, segera pindahkan tuas dari D / 3 ke 2 untuk mendapatkan efek engine break kemudian bantu dengan menginjak pedal rem. Yup, mobil matik pada umumnya minim efek engine break, tidak seperti pada kendaraan bertransmisi manual.
Kalo turunannya curam & mobil serasa masih meluncur pindahkan lagi tuas dari posisi 2 ke L.
Beberapa hal yang perlu diketahui ketika membawa mobil matik :

Kick down, berfungsi untuk memperoleh akselerasi secara cepat. Caranya injak pedal gas secara menyentak / agak ke dalam sehingga gigi transmisi akan berpindah ke gigi yang lebih rendah. Salah satu kegunaan kick down misalnya untuk menyalip kendaraan di depannya.
Jika tuas matik terdapat tombol yang bertuliskan O/D (overdrive), ketika tombol ini dipencet yang ditandai dengan indikator O/D off menyala maka jarum petunjuk RPM akan bergerak naik / lebih tinggi. Fitur O/D ini bisa dipake untuk memperoleh efek engine break ato untuk tipikal mengemudi lebih agresif.
Di beberapa mobil matik, kunci kontak tidak dapat dicabut meski mesin sudah dalam keadaan mati. Gak perlu bingung, coba pindahkan tuas ke posisi P.
Terkait dengan nomor dua di atas, kalo parkir paralel gimana nih ??? kan mobil harus dalam netral (posisi N) supaya tidak mengganggu keluar masuk kendaraan lain. Jangan khawatir, gunakanlah fitur shift lock. Caranya masukkan kunci ke dalam lubang shift lock ato pencet & tahan tombol shift lock kemudian pindahkan tuas P ke N. Mobil pun aman di dorong maju maupun mundur.

About these ads

Tentang franssinata

Sekolah Mengemudi Mobil Terbaik di Surabaya
Tulisan ini dipublikasikan di Uncategorized dan tag , , , , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s