Tips parkir mobil yang benar

20121018-225904.jpg

Banyak orang saat ini tahu bagaimana mengendarai mobil tapi sangat sedikit orang tahu bagaimana memarkirkan mobilnya dengan baik. Perlu dipahami bahwa pengendara yang mahir tidak hanya bisa mengendarai mobilnya dengan baik di jalan raya, melainkan juga mampu memarkirkan mobilnya dengan baik.

Sering mungkin kita lihat banyak lahan/ruang parkir yang tersisa sia-sia hanya karena seseorang memarkirkan kendaraannya tidak lurus. Atau justru mungkin Anda juga pernah mengalami kesulitan keluar dari tempat parkir Anda karena mobil lain menghalangi mobil Anda. Nah, untuk itu, mari kita simak bagaimana tips memarkirkan mobil dengan baik dan benar agar kita semakin mahir menjadi pengendara mobil.

*Carilah tempat parkir yang cukup besar untuk memarkirkan mobil. Ingat, Anda boleh jadi bertindak masa bodoh terhadap mobil sendiri, tapi bisa jadi pemiliki mobil lain justru sangat mencintai mobilnya. Oleh sebab itu, jangan sampai cara parkir Anda akhirnya menggores mobil orang lain.

*Upayakan parkir dengan cara mundur. Meskipun tampak lebih sulit tapi hal ini justru memudahkan Anda. Caranya dengan meluruskan posisi mobil terlebih dahulu sebelum masuk ke tempat parkir. Jangan lupa hidupkan lampu sein ketika parkir.

*Pastikan untuk memberi jarak dengan mobil di belakang dan di depan Anda, jika Anda berniat memarkirkan mobil di tengah-tengah dua mobil lain. Jarak itu akan sedikit memberikan keleluasaan pada mobil di belakang dan di depan Anda, untuk bermanuver keluar parkiran.

*Gunakan ketiga kaca spion (kanan, tengah, dan kiri) untuk memanuverkan mobil Anda. Jangan lupa untuk membuat jarak juga dengan mobil di sebelah kiri maupun kanan, jika Anda parkir di tengah dua mobil yang berderet ke samping.

*Upayakan untuk menarik rem tangan ketika Anda memarkirkan mobil. Jika Anda parkir di jalanan yang menurun atau menanjak, usahakan untuk memasukkan perseneling atau gigi ketika mematikan mobil. Hal ini sebagai antisipasi jika rem tangan tak bisa menahan beban mobil ketika diparkirkan di jalanan yang tidak rata.

*Satu hal sering dilupakan adalah jangan membuka pintu mobil terlalu lebar atau terburu-buru yang akhirnya membentur mobil orang lain. Upayakan untuk pelan-pelan membuka pintu mobil, terutama ketika Anda parkir dengan cara serong/miring.

About these ads

Tentang franssinata

Sekolah Mengemudi Mobil Terbaik di Surabaya
Tulisan ini dipublikasikan di tips dan tag , , , , , , , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s