Surabaya Gratiskan Ijin Kursus Mengemudi.

SURABAYA – Raperda Penyelenggaraan Pelatihan dan Pendidikan Mengemudi Kendaraan Bermotor akhirnya disahkan menjadi peraturan daerah (perda), Senin (3/12). DPRD menegaskan, tidak ada tarikan retribusi dalam aturan baru ini.

Sekretaris Pansus Raperda Mengemudi, Adi Sutarwijono, mengatakan, perda ini lebih bersifat administratif. “Kita membahas masalah sertifikasi sehingga bisa menciptakan tempat kursus yang kredibel,” tegasnya.

Awi, begitu politisi PDI Perjuangan ini dipanggil, mengatakan, selain tidak terlalu signifikan, hingga saat ini belum ada vantolan hukum terkait perda ini. Pemkot pun menyusun perda tersebut menggunakan rujukan UU 22/2010 tentang Lalu Lintas.

“Berapa jumlah penyedia jasa kursus mengemudi di Surabaya. Tidak banyak kan. Jadi kalaupun ada retribusi, tentu jumlahnya tidak akan signifikan. Jadi kita tiadakan retribusi itu. Selain itu juga tidak ada cantolan hukumnya yang menyebutkan tarikan retribusi di sektor ini,” pungkas Awi.

Memang, pembahasan perda ini sempat dikhawatirkan akan membebani pemilik kursus kendaraan bermotor dengan retribusi. Namun, pemkot dan pansus membantahnya sehingga perda ini disambut baik oleh pengelola kursus.

Tentang franssinata

Sekolah Mengemudi Mobil Terbaik di Surabaya
Pos ini dipublikasikan di info dan tag , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s