Merawat Mobil Di Musim Hujan

Menjaga dan merawat mobil pada musim penghujan sangatlah penting sekali. Sebab musim hujan merupakan musim dimana pada umumnya mobil menjadi cepat rusak.

Sebab air hujan mengandung garam yang nantinya dapat merusak permukaan cat mobil. Dan bila dibiarkan begitu saja tanpa dicuci dengan air bersih akan dapat menyebabkan munculnya karat pada permukaan mobil serta menjadi tampak kusam.

Kali ini kami akan memberikan beberapa tips merawat mobil dalam musim penghujan, yaitu:

  • Selalu memeriksa saringan saluran tangki bahan bakar. Hal ini untuk memastikan apakah ada kebocoran atau ada lubang yang dapat menjadi jalan masuknya air agar nantinya bahan bakar tidak tercampur dengan air.
  • Memeriksa bagian penutup sistem elektrik pada mobil. Pastikan agar air tidak dapat menerobos masuk karena bila nanti ada air yang masuk akan membuat mobil mebjadi mogok karena arus pendek.
  • Setelah mobil terkena hujan, langsung cuci permukaan mobil. Jangan menunggu sampai kering. Gunakanlah sabun khusus mobil dengan spon yang halus saat mencuci mobil. Ini adalah bagian terpenting dalam perawatan mobil.
  • Semprotkan semprotan silikon secara rutin dan berkala pada semua bagian mobil yang terbuat dari kaca dan karet. Hal ini dilakukan agar menjaga kekuatan serta kelenturan komponen mobil tersebut.
  • Menggunakan Contact Cleaner dalam merawat mobil anda. Gunakan pada bagian mobil yang menggunakan sistem elektrik sebagai langkah antisipasi masuknya air baik karena hujan maupun karena genangan air.
  • Gunakan pelumas secara berkala pada bagian engsel pintu agar tidak mudah berkarat karena air hujan.
  • Meletakkan mobil yang sudah dalam keadaan kering di dalam bagasi atau ruangan tertutup, agar tidak terkena air hujan baik setelah dicuci maupun sebelum terkena hujan.
  • Melapisi lantai bagian dalam mobil dengan menggunakan koran. Ini sebagai langkah antisipasi seandainya saat hujan anda dapat masuk tanpa membasahi lantai mobil secara langsung. Cara ini dapat membantu untuk mencegah tumbuhnya jamur pada bagian dalam mobil.

Cara-cara diatas ini juga dapat terus anda terapkan meskipun di dalam kondisi tidak hujan atau bukan musim penghujan. Agar kondisi mobil selalu baik dan tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan nantinya.

Cara-cara diatas juga dapat diapklikasikan pada berbagai macam jenis kendaraan lainnya sebagai perawatan rutin kendaraan anda.

Tentang franssinata

Sekolah Mengemudi Mobil Terbaik di Surabaya
Pos ini dipublikasikan di tips dan tag , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s